Sunday, April 19, 2015

back to the same place

gw kali ini mau posting travelling gw yg ke phuket untuk kedua kalinya.
gw kali ini traveling sama broo riki dari jambi kenal via group traveler di Line. tgl 11 mar gw berangkat dari ponti pake motor menuju bandara supadio, parkir nginep (yg ternyata tarifnya 12rb semalam), langsung dengan singa udara menuju SHIA. sampe di SHIA sekitar jam 12an siang, sambil cari mkn di sekitar bandara, gw disamperin 2 org om-om dari china yg kasian banget nggak bisa bahasa indonesia, sambil nunggu penerbangan ke balikpapan, jadi ceritanya 2 om ini nyari chinese resto, yg kebetulan menurut gw ga ada di terminal, paling nggak gw saranin mkn di resto lokal. duduk sekitar 15 menit sambil ditanya2 pake mandarin, gw jawab sebisa gw aja.. hehe.. ngertinya dikit aja, taunya dia ke balikpapan buat kerja di tambang, dibayar sekitar 15jutaan sebulan, tinggal di mess.. ckckck.. makmur bangett. abis disetrap sama om-om asing itu, gw lanjut pake shuttle bus ke terminal 3 buat check-in airasia. selama di terminal 3, gw nunggu lama temen gw dari jambi, sambil manfaatin fasilitas wifi di airport (gw pake buat streaming youtube). rencana awal check-in bareng bro riki. tapi waktu udh makin mepet nih.. udh jam 4 sore, harusnya jam 3 udh sampe tapi kok blm muncul2 juga.. ckckck.. ya firasatku bener. pesawatnya delay. untung delaynya cuma sejam gt, jadi masih sempet check-in. begitu check-in & basa basi, kita lgsg naik lt 2 cap imigrasi & siap2 boarding. ternyata semua penumpang udh boarding, sampe nama kami berdua dipanggil pake pengeras suara didenger seantero penghuni terminal 3. biasanya nggak pernah gini, lgsg panik segera menuju pesawat.. huss..
pesawat boarding tepat waktu jam 5 sore menuju phuket walaupun dengan kondisi cuaca hujan, tapi lancar sampe phuket, bahkan lebih awal dari prediksi (di ticket tulisnya jam 20.40 tapi sampenya sekitar jam 20.10 gt).
on the seat to phuket
sewaktu ngecap di imigrasi, bro riki nih ketemu temen cewenya yg manis (temen online) yg kebetulan ke phuket juga nih. ciee.. jadi kami ketemuan & ngambil simcard gratis buat online, kemudian share minibus bareng ke patong. harga 180 baht per org. si cewe ini blm book tour sama sekali, jadi kami tawarin buat bareng kami pake Noi (andalan kami buat tour murah).
perjalanan pake minibus kami didrop di satu tempat tour yg mana kami disuguhi tour2 dengan harga yg kurang menarik (lebih mahal dikit dari noi), jadi kami nolak. si cewe ini nginapnya di tune hotel, nggak jauh dari hostel kami patong budget room (sekitar seratusan ribu per malam).
habis di drop di hostel, dengan wifi hostel & simcard gratis, gw langsung line si Noi buat bayar tur & ambil tiketnya. si Noi pake motor ke hostel kami dan langsung kita boyong ke kamar buat transaksi.. hehe.. bahasa inggrisnya lucu, meski nggak ngikutin kaidah berbahasa inggris yg benar, namun tetap dapat dimengerti & malah terkesan lucu dan membuat kami senang.. Noi ini baik banget sama kami, sampe dijelasin tempat mkn murah & enak, dll. senyum & ketawa memang adalah universal language yg bisa dimengerti semua org.
Noi

kita booked tour si Noi  tgl 12 ke similan island, tgl 13 ke racha island & siam niramit show, tgl 14 ke phiphi mayabay khai & simon cabaret show, tgl 15 phuket city tour & back to jakarta. abis transaksi dengan noi, kami jalan2 sekitaran hostel cari makan.. malam phuket rame banget.. nggak ada matinya. sambil jalan2 malam banyak yg bisa kita jelajah.. ehh ada yg unik, gw minta foto deh..
dinner gw pilih padthai gara2 didoktrin sama pacar gw kalo padthai itu enakk..
kwetiawnya kenyal2 gitu, enak sih.. tapi nggak terbiasa mkn daun bawang mentah sebagai lalapan aja. damage cost 30 baht (kalo ga salah)..
tgl 12, pagi jam 6 lewat kami dijemput pake minivan untuk similan island tour. damage cost 1800 baht. kali ini kami kedapatan 77 Enjoy Travel tour.

nunggu nggak gitu lama (sekitar satu jam gt) baru kami dibawa ke dermaga naik boat. jadi najis2an dulu foto waktu nunggu naik ke boat.
pertama kami dibawa ke bangu island, kemudian ke miang island untuk lunch, baru ke similan island.
icon papan similan island
similan
Similan island, keren banget batunya..
view point dari atas batu tinggi itu.
nantang adrenalin kayak spiderman.. haha
traveling buddy..
Makanan di Miang Island juga enak.. mungkin karna lapar abis snorkeling ya.. ini favorite gw
kayak kulit babi goreng dibikin sop sama ayam..
malamnya abis dari similan, kita coba jalan ke jungceylon mall, keren karna ada kapal di dalam mall.

puas ngemall, kita cari makan di resto rekomendasi Noi, Resto No.6. di resto no 6 nih, terkenal murah & enak.. restoran penuh dengan pengunjung.

rame banget pake antri karna tempatnya yg kecil ga mampu nampung semua konsumennya.. abis antri lama, akhirnya kita kebagian tempat juga. gw pesen padthai lagi..
tgl 13, pagi kita siap2 ke coral & racha island. dijemput pake minibus yg di dalamnya udh ada beberapa turis asing. selama perjalanan selalu ada org china yg ikut. org china memang tersebar ya..
Pertama boat membawa kami ke coral island.. tour ini cukup murah.. hanya 1100 baht. perjalanan ke coral island, sangat amat mendebarkan.. speedboat melaju kencang di tengah ombak. sampai di coral island, boat berhenti di tengah laut, yg dihubungkan dengan pelampung2 yg menjulur ke bibir pantai. awalnya gw penasaran mengapa tidak berhenti di pantai saja, rupanya di pantai banyak karang2 sehingga speedboat nggak bisa menepi.. jadi selama perjalanan ke pantai juga cukup menantang adrenalin, karna ombak cukup bergelora, sampe2 pelampung pijakan kami ngikut ombak terombang ambing.. bayangin mesti jalan kaki di pelampung yg ombang ambing & jangan sampe jatuh.. bisa2 mandi sama kamera & hp.
penampakan di coral island.
tidak ada hal yg menarik untuk dilakukan di sini.. but, still a beach, so we do what other people do...
ada tali gantung yg menarik, gw minta difotoo sama bro riki..
hmm..
abis dari coral island, kita dibawa ke racha island. di racha kami dibawa jalan kaki lama banget ke tempat mkn.. makanannya yg so-so.. nggak istimewa amat..
not so special lunch.. tapi berhubung lapar banget, jadi habis juga.. -_-''.
abis mkn, mulai explore racha island..
terkadang tulisannya raya, terkadang tulisannya racha.. kadang disitu saya merasa bingung..
explore with broo riki (sakti banget bro riki naked feet explorer... hehe)
abis tour pulau, malamnya kita ke siam niramit show + dinner.. yeahh kulinar lagi.. sekitar jam 6 sore gt, kita dijemput pake minivan ke tempat show siam niramit. di pintu masuk, foto dulu dengan pemain..
mata agak buremm karna lelah dari tur kali..
kami diarahin ke resto dulu buat makan sebelum show..
di depan resto ada pajangan ada yg unik, foto lagi..

siam niramit + dinner nih nguras kantong kami 1850 baht, jadi mesti puas2in makan seoptimal mungkin.. abis ambil makanan2 prasmanan yg disajikan, this is our table..

makannannya enak2 semua, tapi yg terenak ikan dori sautee.. sampe nambah lagi..
abis mkn, masih ada sisa waktu sebelum siam niramit show, kita jalan ke hall disuguhi hiburan atraksi gajah dll..
hura2 pemain ngajak penonton ikut narii..
chicken dance..(dua ayam lagi diadu)
atraksi gajahh
air mancur naga di hall latar pertunjukan..
terakhir ditampilin semua prajurit perang kerajaan thai jaman dulu, yg mana kita bebas foto di sekitar mereka.. gw pilih cute soldierr.. hehehe. sehabis itu, kita diarahkan masuk ke teater siam niramit show.. sayangnya ga boleh bawa kamera ke dalam, jadi nggak bisa foto2.
abis dari siam niramit show, kita ke bangla load, liat2 keramaian suasana di sana. banyak ragam orang2 di bangla road.. ramai bangett
ada yg streetdance..
ada yg street art..
tapi most of these bar with pole girls..

tgl 14, kami mulai dijemput jam 8 ke phiphi mayabay & khai island.. buat tur ini, kami bayar 1200 baht. seperti biasa, minibus sharing dengan turis lain. kali ini tour guide kami gayanya agak nyentrik.. om-om yang bergaya kayak ladyboy di depan turisnya.. heboh luar biasa.. tapi sebenarnya kalo ngomong langsung dengannya nggak ngondek segitunya.. jadi curiga, mungkin ini buat selling point biar unik & dpt banyak tips.
pertama, kita dibawa ke maya bay dulu.. selama perjalanan ombak tenang, sangat enjoy..
yg menarik di mayabay ini ada perahu yg unik bangett hanya di thai..
unikk.
berkat kami fotoin turis asing, kami yg ditawarin untuk difoto..
spot-spot unikk..
ketemu sama cewe bule cakepp banget.. kami masing2 minta foto barengg.. hehe
abis dari mayabay, speedboat melaju ninggalin mayabay.. scenerynya amazing banget.

kita dibawa singgah bentar ke viking cave sebelum menuju phiphi..
nggak turun dari speedboat, cuma singgah liat aja.. lautnya amazingg biruu..
setelah itu, singgah ke pantai yg banyak monyetnya..
monyetnya bener2 nggak malu2.. tepatnya ga tau malu.. haha..
sebelum ke phiphi island, kita dibawa snorkeling dulu di phiphi ley.. hampir 30 menit
puas banget, tapi sayang smartphone gagal foto di dlm air.

setiba di phiphi, lgsg lunch.. lapar banget abis snorkeling.
porsi jumbooo.
abis lunch, hunting foto unik di pantai phiphi.. banyak perahu aneh lagi..
numpang mejeng..
cuaca panas banget, kami terpaksa neduh di pohon sambil nunggu semuanya ke kapal..
abis dari phiphi island, kami dibawa ke khai island.. semua dicuci otak untuk sewa tenda, karna katanya di khai island, amat panas, jadi semua sewa tenda sambil disuguhi nenas ama semangka.. 180 baht abiss.. ada dua org yg nekad nggak sewa tenda, jadinya mereka kembali ke boat.. ckckck..
teduh di tenda bentar sambil nunggu buah2an..
abis istirahat, kami explore khai island, keliling pulau.. pulaunya kecill sekitar setengah jam udh abis kami muter.. dapat lagi spot menarik di khai..
di khai ini banyak banget ikan2nya..
tour berakhir sekitar jam 4 & kami dibawa kembali sampai hotel sekitar jam 5 lewat.
bersiap-siap untuk simon cabaret, kami dijemput sekitar jam 7.
selama pertunjukan lipsing itu, kita nggak bisa foto karna dijaga banyak bodygoard disenter2.. ada yg nekad foto lgsg disenter ke arahnya dan ditegur.. ngeri bangett. show sekitar 1,5jam. sehabis show, artis2 muncul untuk foto2 sama penonton tapi nggak gratiss. mesti kasi tips.. wushh.. ga minat.. mending rekam aja mereka.
abis kembali dari simon cabaret, kita dibawa pulang ke daerah bangla lagi.. jalan2 sambil wisata kuliner. karna merasa cocok dengan lauk resto no 6, akhirnya kami ke sana lagi.. suasana di resto itu sesak seperti biasa.. rame banget. padahal ada banyak resto di samping kiri kanan dan sekitarnya, tapi nggak serame di sini.. ckckck
suasana di resto no 6 yg sesakk..
abis antri panjang, akhirnya kami dapat tempat duduk, pesananku sohun goreng & lumpia..
sohun goreng yg halus & gurih.. enak bangettt
lumpia garing isi ayam & sayur. enakk
tgl 15, kita citytour phuket pakai private car sama sopir Joe, org thai. sewa private car tour 2000 baht. bagi 2 org, jadi masing2 1000 baht.
pertama kita dibawa ke tiger kingdom biar greget foto sama harimau.. hehe masuk foto bayar lagi cuyy.. 600 baht. ckckck..

kemudian kami dibawa ke point view kata
pemandangan dari atas bukit.. luar biasa amazingg..
kemudian kami dibawa ke big buddha..
patungnya besar bangett dari pualam.. di setiap batu pualam, banyak doa2 yang ditulis di sana.. turis2 asing banyak banget nulis doa dalam inggris..
di big buddha nggak hanya ada satu patung, tapi masih banyak lagi.. salah satunya ini.
puas di big buddha, perjalanan kami lanjut ke wat chalong... cuaca panas banget jadi kami hanya numpang foto2 bentar di sana.
 salah satu kuil di wat chalong yg kami explore dalamnya..
 dalamnya kayak gini.. banyak turis foto2, masuk ke kuil nggak boleh pake alas kaki.

ini ada di lantai tertinggi di kuil itu.. kayaknya sesuatu yg disucikan.
abis dari wat chalong, lanjut ke cashew nut factory belanja oleh2.

lanjut ke sino portuguese street yg mana banyak banget bangunan unik di jalan itu.. trus di tengah jalan, bnyk streetfood.
habis dari sana, kami langsung dibawa ke airport.
perjalanan lancar dari phuket ke jkt, sampai di jkt, udh jam 12 malem, jadi kami bermalam di terminal 3. suasana enak di sana dengan banyak turis asing bule2 juga tidur di sana. dengan ACnya yg dingin, bisa diatasi dengan pake jaket.
besoknya bro riki lanjut solo traveling ke bali, gw kembali ke habitat gw.
trip kali ini amazingg banget.
moga di trip berikutnya lebaran, bisa lebih amazing lagi.. gw bawa serombongan temen soalnya..